Pesan Sambutan

A Pandu Djajanto 

Komisaris PT jasamarga Ngawi Kertosono Kediri


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan keberkahan kepada jajaran PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri sehingga dapat menyelesaikan pembangunan proyek jalan Tol Ngawi-Kertosono. Penyelesian proyek ini sesungguhnya merupakan amanat besar dari bangsa Indonesia kepada perusahaan untuk melakukan pekerjaan dengan baik dalam membantu pemerintah mencapai target pembangunan infrastruktur, terutama mewujudkan konektivitas antarwilayah lewat Tol Trans-Jawa. 

 

Penyelesaian pembangunan jalan Tol Ngawi-Kertosono menjadi perhatian khusus pemerintahan Presiden Joko Widodo. Bersama menteri terkait dan jajaran apparat dari pusat hingga daerah, Presiden mengawasi dengan ketat pembangunan jalan tol ini. Bahkan, Presiden beberapa kali turun ke lokasi proyek untuk memastikan setiap laporan kemajuan yang disampaikan sesuai dengan fakta dan data di lapangan.

 

Pembangunan jalan tol pasti akan membawa banyak perubahan pada masyarakat. Namun, dampaknya jangan hanya dipandang sebagai fungsi ekonomi belaka. Manfaat kehadiran jalan tol harus ditempatkan pada fungsi sosial dalam perspektif jangka panjang 5-10 tahun ke depan. Untuk itu, pemerintah harus melakukan edukasi kepada publik agar lebih siap untuk bertransformasi dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industri.   

Misi kami sebagai Komisaris adalah mengawal, mengevaluasi dan memastikan bahwa proyek Tol Ngawi-Kertosono dapat diselesaikan dengan kualitas baik secara tepat waktu. Kami juga bersinergi guna membahas intensif usulan program-program yang diusulkan Direksi sehingga Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) menjadi realistis, efektif dan efisien. 

 

Kami tidak lupa mengevaluasi semua pengelolaan resiko secara berkala sesuai dengan data dan atau kondisi terakhir, meneliti dengan cermat kebutuhan setoran modal yang diajukan perseroan kepada pemegang saham, serta mengawasi dan memberikan saran agar kinerja perseroan yang diukur dengan Key Performance Indicators (KPI) dapat tercapai. Kami menilai Direksi telah bekerja dengan baik dan optimal.

 

Dalam proses penyelesaian proyek Tol Ngawi-Kertosono ini, perseroan turut aktif mendukung PPK Lahan dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam penyediaan lahan yang dibutuhkan proyek. 

 

Proses yang cukup menyita waktu, pikiran, dan tenaga ini akhirnya dapat diselesaikan dengan baik dan memuaskan semua pihak. Dalam kesempatan ini, tidak lupa kami menghaturkan terima kasih kepada para kepala daerah serta jajarannya yang turut aktif membantu proses pembebasan lahan tersebut.

 

Kami menyambut baik gagasan Direksi agar semua proses pembangunan jalan Tol Ngawi-Kertosono yang terbagi dalam Seksi 1 (Ngawi-I/CMadiun), Seksi 2 (I/C Madiun-I/C Caruban) dan Seksi 3 (I/C Caruban-Wilangan) dari mulai penandatanganan kontrak hingga penyelesaian pembangunan konstruksi jalan tol didokumentasikan dalam sebuah buku. Kami berharap semua pihak dapat mengambil pelajaran berharga dari proses ini sehingga pembangunan jalan tol di masa mendatang dapat berjalan lebih lancar dan tepat waktu.